Manasik Haji - Saturday, 12 January 2019

First Experience.
9 Suci / Manasik Haji.






Sabtu, 12 Januari 2019.
Assalamualaikum temun-temun !Hai! Jadi ini adalah pengalamanku selama melaksanakan manasik haji di sekolah untuk tahun terakhir ini. Seperti biasa, yang mengikuti manasik haji ini dari kelas 7 hingga kelas 9. Tanpa terkecuali.

Sebelum melaksanakan manasik haji, kami melakukan gladi kotor dan gladi bersih. Gladi kotor diadakan seminggu sebelum manasik. Sedangkan gladi bersih diadakan pada hari Kamis. H-2 sebelum acara manasik itu sendiri.

Yaa, selama proses manasik itu ada semangatnya, serunya, capeknya, intinya bercampur aduk dah.

Proses manasik haji dimulai dari membaca niat umroh, dan tidak lupa membaca kalimat tarbiyah. Setelah membaca niat, pertama-tama membaca doa masuk mesjid haram. Setelah itu doa melihat ka'bah. Lalu membaca zikir tawaf dan mengelilingi ka'bah sebanyak 7 kali sambil membaca doa tawaf. Setelah selesai memutari ka'bah, membaca doa antara rukun yamani dan hajar aswad. Setelah itu membaca doa ketika melihat bukit shofa.

Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca doa diatas bukit shofa dan marwa menghadap ka'bah, setelah itu melaksanakan lari diantara pilar hijau sebanyak 3 kali. Harusnya sih lari diantara pilar hijau itu sebanyak 7 kali. Mungkin memperpendek agar tidak terlalu kecapean atau gimana kali ya:v wkwkwk.

(Ceritanya) kami sudah siap melaksanakan umroh. Lalu menginap di sebuah hotel, dan membaca niat haji. Dan melanjutkan perjalanan menuju arafah.




Setelah itu duduk di arafah, membaca zikir, dan sholat jamak khasar.
setelah itu zikir melempar jumroh sebanyak 3 kali. Dan kembali lagi untuk mengelilingi ka'bah dan membaca doa lainnya. Dan berlari-lari kecil diantara pilar hijau.

Lalu kembali melempar jumroh sebanyak 7 kali. Setelah selesai melempar jumroh, kamipun harus berhenti untuk membayar dam karena rukun haji yang dikerjakan tidak lengkap. Untuk membayar dam, kami diharuskan untuk menyembelih kambing dan berpuasa selama 10 hari.

Setelah siap menyembelih kambing, kamipun kembali ke asal dan tidak lupa minum air zam-zam, dan membaca doa terlebih dahulu.

Setelah agenda selesai, kamipun makan bersama dan berfoto-foto untuk menambah kenang-kenangan di dalam hidup ini (CIEILAHHH:v)

Jadi sekian dari ceritaku untuk kali ini. Ya emang nggak jelas gitu nulisnya :') Tapi gapapa deh yang penting hepi :).

Ok sekian dari diriku, lebih dan kurang mohon dimaafkan.
Sekian, Wassalam.







Comments

Popular posts from this blog

Field Trip - 18,19,20 January 2019